Kamis, 29 Oktober 2009

2012


Sebuah film epik bencana global akan segera diputar di bioskop-bioskop di seluruh dunia. Film garapan sutradara Roland Emmerich ini menyajikan kisah yang berangkat dari ramalan bangsa Maya bahwa umur Bumi hanya sampai di penghujung tahun 2012, tepatnya pada 21 Desember 2012. Menurut penanggalan Maya, tanggal tersebut merupakan hari terakhir era Jaguar, atau “Ix” dalam bahasa Maya, yang dimulai tanggal 13 Agustus 3114 SM dan, berdasarkan kalender Gregorian, berakhir pada tanggal 21 Desember 2012. Seiring dengan berakhirnya era tersebut, akan terjadi perubahan siklus Bumi yang akan memiliki implikasi amat besar bagi kehidupan di Bumi. Maka, megacatasthrope terjadi di seluruh bagian dunia: gempa bumi, tsunami, banjir bandang, angin topan, badai, angin tornado, tanah longsor, letusan gunung berapi dan lain-lain.

Film dimulai pada tahun 2009 dimana seorang ilmuwan Amerika bernama Profesor West (John Billingsley) sedang berada di sebuah fasilitas penelitian di India. Rekan kerjanya yang bernama Dr.Satnam Tsurutani (Jimy Mistry) memberitahu temuan mengejutkan tentang adanya badai di permukaan matahari yang membahayakan Bumi. Profesor West lalu menghubungi rekannya Adrian Helmsley (Chiwetel Ejiofor), seorang penasehat ilmiah muda Presiden dan menginformasikannya serangkaian perkembangan terbaru. Helmsley kemudian mencoba memberitahu Presiden Thomas Wilson (Danny Glover) namun upayanya tidak berhasil.

Pada tahun 2010, Presiden Wilson mulai menyadari apa yang sedang terjadi seraya menjadwalkan sebuah pertemuan khusus tertutup bersama tujuh pemimpin negara besar lainnya dalam pertemuan G8 di Spanyol. Ia harus mengatakan kepada mereka bahwa para ilmuwan besar dunia telah mengkonfirmasikan bahwa dunia akan berada di ambang kemusnahan. Sementara sebagian aktivitas yang mengundang pertanyaan mulai tampak. Di Tibet, pihak militer China memindahkan sejumlah desa dan membangun sebuah dam raksasa. Lalu di tahun 2011 sebuah yayasan bernama World Heritage Foundation, yang diketuai oleh Laura Wilson (Thandie Newton), putri dari Presiden Wilson, memerintahkan untuk memindahkan karya-karya seni besar yang tidak ternilai seperti lukisan Mona Lisa baik karya asli dan replikanya, ke sebuah fasilitas penyimpanan di pegunungan Alpen.

Pada tahun 2012, tanda-tanda bencana mulai nampak. Terjadi gempa kecil di pantai barat AS serta retakan-retakan yang muncul di berbagai belahan Bumi. Namun begitu, kehidupan manusia masih tetap berjalan seperti biasa. Jackson Curtis (John Cusack) seorang penulis novel, menjemput dua putranya Lilly (Morgan Lily) dan Noah (Liam James) dari rumah mantan istrinya Kate (Amanda Peet) - yang telah memiliki pacar baru - di Los Angeles untuk mengajak mereka ke berwisata ke Yellowstone National Park. Sementara seorang musisi jazz lansia Harry Helmsley (Blu Mankuma), ayah dari Adrian Helmsley, sedang tampil di sebuah kapal pesiar di pantai San Fransisco. Ketika sedang berbicara dengan rekannya, tiba-tiba kapal yang ia naiki dihantam oleh gelombang besar.

Sementara itu, Jackson Curtis dan kedua putranya telah sampai ke Yellowstone National Park yang rupanya telah dipenuhi oleh personil militer dan ilmuwan yang dipimpin oleh Adrian Helmsley, tanpa alasan pasti. Di sana Jackson mendengarkan bocoran informasi radio yang menyebutkan bahwa bencana akan dimulai di California yang lalu meluas ke Yellowstone yang akan merembet ke seluruh dunia. Ia merasa bingung dengan situasi tersebut. Sementara di Loas Angeles, retakan-retakan kecil di tanah mulai melebar dengan masifnya. Semua peristiwa berlangsung begitu cepat tanpa dapat diantisipasi. Kate dan pacarnya Gordon berjuang menghindar dari bencana di kota Los Angeles. Jackson dan kedua putranya kembali ke kota untuk mencari mereka. Mereka tiba di sana dan menemukan mantan istrinya persis sebelum gempa yang memporakporandakan setiap tempat. Mereka lalu kembali ke Yellowstone dan dari sana, mereka berjuang menuju China untuk menaiki bahtera besar bersama dengan orang-orang lainnya. Apakah mereka akan selamat? Atau apakah umat manusia akan musnah seketika? Silakan temukan jawabannya dalam film ini.

Kalau tidak ada halangan, film ini bakal hadir di Indonesia pada 13 Nopember 2009. Sebenarnya film ini siap diputar pada 10 Juli 2009 lalu. Namun karena berbagai hal - termasuk mungkin alasan keuntungan yang lebih besar dibanding harus bersaing dengan film-film musim panas lainnya - film ini baru akan diputar Nopember 2009 ini.

Oya, Setelah menonton film ini, mari kita renungkan bersama: seandainya ramalan 2012 itu menjadi kenyataan, apakah kita sudah siap menghadapinya? Simpan saja jawaban Anda hingga tahun 2012 nanti.

Gatot Tri R.
(dari berbagai sumber)

Official site: www.whowillsurvive2012.com
IMDB: http://www.imdb.com/title/tt1190080/

Trailer HD:

Tidak ada komentar:

Posting Komentar